by
 

Bagus Dikonsumsi Saat Buka Puasa, Ini 6 Manfaat Daging Ayam

-Kesehatan-44 views

Bulan Ramadan merupakan bulan yang cukup spesial bagi umat muslim di dunia, tak terkecuali yang ada di Indonesia.

Saat memasuki bulan Ramadan, seorang muslim yang telah mampu, diwajibkan untuk melakukan puasa, di mana mereka tidak akan mengonumsi makanan dan minuman selama jangka waktu tertentu.

Menjalankan puasa terkadang membuat seseorang menjadi lebih lemas dan terlihat kurang bertenaga. Hal tersebut karena tidak ada asupan cairan dan nutrisi yang masuk ke tubuh.

Itulah mengapa, saat sahur dan khususnya berbuka, seorang muslim yang berpuasa sebaiknya mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi untuk memenuhi atau mengganti asupan nutrisi yang hilang selama berpuasa.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat memberikan asupan nutrisi dan gizi tinggi, satu di antaranya adalah daging ayam.

Daging ayam merupakan satu di antara makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Jenis daging ini dapat dijadikan berbagai jenis masakan, mulai digoreng hingga dibuat sup.

Saat bulan Ramadan, daging ayam menjadi sumber makanan yang paling dicari karena daging ayam biasanya dijadikan sebagai opor dan gulai ayam untuk berbuka, atau makanan khas bulan Ramadhan lainnya.

Daging ayam mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti protein, vitamin A, vitamin B, zat besi, karbohidrat, lemak, dan sodium.

Saat Anda mengonsumsi daging ayam secara rutin, ada beberapa manfaat bagi kesehatan yang bisa didapatkan, satu di antaranya dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Berikut Bola.com merangkum dari beberapa sumber, enam manfaat daging ayam bagi kesehatan:

Membantu Pembentukan Otot

(G-Stockstudio/Shutterstock)

1. Membantu Pembentukan Otot

Saat Anda dalam usaha membentuk otot di tubuh dengan berolahraga, Anda juga perlu bantuan asupan protein agar otot terbentuk dengan cepat dan sempurna.

Mengonsumsi daging ayam dapat membantu proses pembentukan otot, karena daging ayam kaya kandungan protein dan asam amino yang dapat memaksimalkan pembentukan otot.

Konsumsilah daging ayam bagian dada yang memiliki sedikit lemak. Anda dapat mengonsumsi dengan cara direbus atau dibakar, usahakan tidak menambahkan terlalu banyak bahan campuran di dalamnya.

2. Menurunkan Berat Badan

Memiliki berat badan yang ideal merupakan dambaan bagi semua kalangan. Selain dapat memiliki penampilan yang lebih baik, berat badan ideal dapat menurunkan risiko terkena diabetes.

Untuk membantu menurunkan berat badan menjadi lebih ideal, Anda dapat memasukan dada ayam ke menu makanan diet. Daging ayam khususnya bagian dada, memiliki kandungan protein yang cukup tinggi.

Kandungan protein tersebut dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi mengonsumsi makanan secara berlebihan dan mengontrol berat badan.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

(Jacob Lund/Shutterstock)

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Memiliki sistem metabolisme tubuh yang kuat dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Memiliki metabolisme yang kuat dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit.

Mengonsumsi daging ayam dapat membantu upaya meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada ayam, cukup efektif dalam mendorong enzim yang dapat menguatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

4. Menurunkan Kolesterol

Selain kaya kandungan vitamin B6 yang bertugas meningkatkan metabolisme tubuh, daging ayam mengandung vitamin B3 yang bertugas menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Dengan mengonsumsi daging ayam secara rutin, Anda dapat mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

Anda dapat mengonsumsi daging ayam dengan berbagai cara. Namun, yang paling baik agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal adalah dengan cara direbus atau membuatnya sebagai sup.

Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Ilustrasi Kanker.

5. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Daging ayam mengandung sifat antioksidan yang disebut selenium, yang efektif dalam membantu tubuh untuk menghindari paparan radikal bebas.

Hal tersebut cukup penting bagi tubuh karena paparan radikal bebas yang terlalu sering ke dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit, khususnya kanker.

Radikal bebas dapat merusak sel-sel di dalam tubuh dan dapat menumbuhkan sel kanker, yang dapat menimbulkan munculnya berbagai macam jenis kanker.

6. Membantu Menghilangkan Stres

Daging ayam dapat bermanfaat untuk membantu menghilangkan stres. Hal itu karena dalam daging ayam terkandung vitamin B5 dan tryptophan, yang efektif untuk meredakan stres.

Kandungan tersebut dapat memberikan efek tenang dan meredakan ketegangan pada otot, sehingga dapat membantu menghilangkan stres. Saat Anda stres atau memiliki suasana hati yang tidak baik, Anda dapat mengonsumsi sup ayam untuk meredakannya.

News Feed